Pertama! Pasti bikin deg-deg-an!!

Sudah lama ini otak nggak kupakai mikir keras sejak UAN SMA, tiba-tiba saja sekarang jadi ikutan mikir gara-gara dengar pertanyaan di acara talkshow Sarah Sechan yang bintang tamunya Dinda Kirana. Tahu kan artis Dinda Kirana itu? Itu lho, artis cewek, cantik pastinya, masih muda juga, mungkin sekarang umurnya masih sekitar 19 tahun. Muda banget kan?! Pernah juga dia main sinetron yang fenomenal banget pas jamanku SMA, yang sound tracknya ada lagu kepompong itu. “persahabatan bagai kepompong… mengubah ulat, menjadi kupu-kupu”. Seperti apa kata risma, kalau sahabat itu memang kayak kepompong, mereka itu kadang kepo, tapi nggak jarang juga rempong.

Pertanyaannya kurang lebih kayak gini nih ya ”akhir-akhir ini, hal pertama apa yang baru saja kamu lakukan?”. Pertanyaan sialan itu juga yang bikin aku mikir keras. Iya ya, terakhir kali kapan ya aku melakukan sesuatu untuk pertama kali. Perasaan hampir semua hal sudah pernah kulakukan. Ceileh, kayak orang yang banyak tingkah saja aku ini, semua hal pernah kulakukan.

Nangis? Nangis sudah pernah kulakukan dan itu bukan hal yang baru lagi bagiku, bagimu juga pasti. Nangis adalah satu-satunya pekerjaan yang fasih kulakukan sejak aku keluar menyapa dunia. Nggak cuma aku saja, kamu, kamu, dan kamu juga tentunya fasih betul dengan kegiatan itu. Bahkan, nangis gara-gara ngiris bawang merah juga pernah. Memang sih, bawang merah itu jahatnya keterlaluan, selalu balas dendam kalau disakiti, bikin yang nyakiti nangis sampai mata perih bahkan pusing mendadak, ingusan juga malah. Oke, kenapa ini malah ngatain bawang merah? Out of topic :p

Jalan? Jalan juga bukan sesuatu hal yang pantas kusebut sebagai new experience kan?. Jatuh juga pernah, jatuh dari manapun juga, dari sepeda, sepeda motor, saat jalan saja aku pernah jatuh kok. Masak? Pernah juga. Kena minyak panas pernah, tangan kena pisau juga pernah. Haduh, sepertinya aku terlalu banyak mikir nih. Terlalu mikir itu nggak baik buat paru-paruku. Ritme nafas terganggu, engap mendadak.

Ah, mungkin ini bisa jadi hal pertama yang kulakukan akhir-akhir ini, tepatnya bulan oktober 2014,  lari 100 m pakai wedges 10 cm dengan full make up. Itu perbuatan paling gila yang pernah kulakukan seumur hidupku. Ada lagi, aku baru saja nyoba makan ikan teri putih, dan hasilnya badanku bereaksi aneh, lagi. Badan terasa panas, tumbuh bentol-bentol di tubuh, dan gatal. Sepertinya aku harus menambah daftar makanan yang tidak bisa kumakan.

Tapi, bukankah rasanya kalau melakukan sesuatu untuk pertama kali itu harusnya deg-deg-an ya? Tapi yang kusebutin diatas tadi nggak ada rasa deg-deg-annya. Terus apa coba? Bentar, mikir dulu lagi deh. Ah, iya! Inget aku! Hal yang kulakukan pertama kali yang bikin aku deg-deg-an. Pas pertama kali ikut lomba resensi yang diadain sama kak Icha, rasa deg-deg-annya itu sampai bikin aku susah tidur, tapi masih lancar makan. Persiapanku ngeresensi mulai dari beli bukunya, riset gimana nulis resensi, sampai nulisnya mungkin sekitar tiga minggu apa satu bulan ya? Ah~ lupa. Pokok itu persiapan yang panjang. Apalagi yang lebih bikin deg-deg-an itu pas hari pengumumannya.

Terus ada lagi. Mungkin juga di tahun yang sama dengan kali pertama aku nulis resensi, aku juga ikut lomba nulis. Pas waktu ngirim ke penerbit itu untuk kali pertama rasanya juga sama, deg-deg-an nggak jelas. Bahkan, sekarang, kalau aku nge-post catatan di sosmedku juga deg-deg-an. Meskipun itu sudah bukan yang pertama, tapi sensasinya masih kayak yang pertama.

Ah- iya. Ini yang masih fresh. Pertama kali ngerasain sidang skripsi. Pertama kali ngerasain detak jantungku berantakan, lebih berantakan dari hal-hal pertama yang pernah kulakukan tadi. Bahkan, aku serasa kayak mayat hidup, nggak ada ekspresi dan perasaan. Nonton sinetron sedih, nggak nangis. Nonton acara lucu, senyum aja enggak apalagi ketawa.

Ada lagi? Mikir lagi, engap lagi.

Itu hal pertama yang sudah kulakukan akhir-akhir ini. Lalu, hal pertama apa yang sudah kau lakukan akhir-akhir ini? silakan mikir!

-END-

 

sudah lama betul nggak main ke sini. sudah, lupa juga rasanya nge-post tulisan, tapi nggak lupa sama deg-deg-annya :p

Leave a Reply

